Rabu, 20 Januari 2016


Proposal Usaha
“Usaha Fotocopy”

Description: C:\Users\roby\Pictures\esaunggul.jpg

                                                       Disusun Oleh

                                                  Nama : Robby Darmawan
                                                Nim    : 201381021
                                                Seksi   : 25

       
Jurusan Teknik Informatika
Universitas Esaunggul
2016

KATA PENGANTAR



Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah yang berjudul “Proposal Usaha” dengan lancar. 
Dalam pembuatan makalah ini, saya mendapat bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada : Bpk. Mulyo selaku pembimbing dalam bidang mata kuliah Kewirausahaan dan orangtua yang telah memberikan kesempatan dan memberi dukungan fasilitas secara materil maupun doa sehingga makalah ini dapat selesai dengan lancar, serta semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu
Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan saya pada khususnya. Saya menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna untuk itu saya menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan.

Terimakasih.

Jakarta, 20 Januari 2016




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, persaingan bisnis pun semakin ketat. Banyak para pelaku bisnis yang tersingkirkan dari usaha – usaha yang telah digelutinya sekian lama. Banyak sekali ragam penyebab terjadinya persaingan tersebut. Mulai dari manajemennya yang kurang baik, teknologi yang kurang inovatif, sumber daya manusia yang kurang bermutu dan lain sebagainya yang kurang memadai dalam menunjang kemajuan bisnis. Hal ini membuat para pelaku bisnis berfikir dua kali untuk mencari peluang usaha baru, yang bisa diandalkan.
Dari kejadian tersebut banyak sekali yang harus dipertimbangkan dalam memulai sebuah usaha baru. Hal utama yang harus dipertimbangkan dalam memulai sebuah usaha adalah pengelolaan usaha dari segi keuangannya, produksi, pemasaran, dan sumber daya manusianya. Kemudian setelah itu penerapan konsep manajemen usaha tersebut. Karena fungsi dari manajemen itu sendiri membuat para pengusaha dapat mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi pembantunya. Sehingga usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Apapun usaha baru yang akan dibuat, dalam penerapannya ketika dikelola dengan sebuah konsep manajemen yang baik maka hasilnya pun akan mempunyai arah dan tujuan. Sebab konsep manajemen itu sendiri sangat fleksibel, karena dapat menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan kondisi yang sedang dihadapi. Maka dari itu penulis mencoba untuk memberikan sebuah contoh sederhana, penerapan ilmu manajemen dalam sebuah tindakan nyata.
Walaupun banyak sekali usaha – usaha yang sedang gencar – gencarnya digeluti oleh para pelaku bisnis, mulai usaha kecil – kecilan sampai usaha dengan modal yang sangat besar. Maka penulis mengambil contoh penerapan manajemen dalam memulai sebuah usaha fotocopy. Karena penulis melihat usaha fotocopy akhir – akhir ini mengalami peningkatan yang signifikan, baik dari jumlahnya yang bertambah sampai ragam usahanya yang dikembangkan menjadi TOSERBA (Toko serba ada) yang penggunaan mesin fotocopy disana hanya sebagai pelengkap saja.
Bagi para pelaku usaha, kondisi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana daya beli masyarakat di sekitar sehingga bisa memunculkan permintaan dari beberapa penawaran yang dilakukan oleh perusahaan. Apabila permintaan meningkat memungkinkan pasar menjadi potensial dan ketika kondisi permintaan menurun menyebabkan kondisipasar berada pada posisi yang tidak menguntungkan. Yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana tingkat persaingan, daya beli masyarakat, dan hukum permintaan maupun penawaran itu terjadi pada kondisi yang demikian.
Jenis usaha fotocopy merupakan salah satu langkah yang tepat dilakukan. Sebab fotocopy adalah salah satu kebutuhan sebagian besarpelajar, mahasiswa, dosen, karyawan maupun masyarakat di sekitar lingkungan kampus yang sirkulasi permintaannya dilakukan setiap hari. Daya saing yang dimiliki usaha fotocopy cukup tinggi sehingga kebutuhan relatif stabil.




1.2 RUMUSAN MASALAH
1.      bagaimana fungsi perencanaan dijalankan pada usaha foto copy ?
2.      bagaiaman fungsi organisasi di usaha foto copy ?
3.      bagaimana fungsi pengarahan pada usaha foto copy ?

1.3 TUJUAN PENULISAN
1.    Menerapkan konsep wirausaha dalam melakukan usaha bisnis fotocopy.
2.  Terciptanya usaha yang mendatangkan keuntungan bagi mahasiswa / pelajar, dan juga memberi peluang / kesempatan kerja bagi masyarakat luas.
3.    Serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang dunia usaha.










BAB II
PELUANG USAHA
2.1              Peluang Usaha
Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan, penulis akan membagikan macam-macam jenis usaha perdagangan. Berikut peluang usaha yang ada di sekitar lingkungan penulis:

A.    Macam-macam Jenis usaha pedagangan :
1.      Distro Baju
2.       Laundry
3.      Cuci Steam Motor
4.      Es Krim
5.      Jual Jaket
6.      Jual Laptop
7.      Counter Handphone
8.      Jual Pulsa
9.      Jual tas
10.  Perlengkapan bayi
11.  Cuci Helm
12.  Aksesoris Handphone
13.  Jual Mainan anak-anak
14.  Alat Tulis Dan Fotocopy
15.  Jual Minuman Susu Kacang
B.     Setelah melakukan pemilahan, penulis menentukan 10 gagasan yang mungkin terwujud sesuai dengan modal pemilik.
1.      Alat Tulis dan Fotocopy
2.      Aksesoris Handphone
3.      Pulsa
4.      Laundry
5.      Steam Motor
6.      Jualan Pop Ice
7.      ualan Roti Bakar
8.       Jualan Ice Cream
9.      Distro Baju
10.  Kosan

C.     Selanjutnya ditentukan dengan aspek keuangan, berikut 5 gagasan bisnis yang paling murah atau sesuai dengan dana yang dimiliki :
1.      Alat Tulis dan Fotocopy
2.      Aksesoris Handphone
3.      Pulsa
4.      Laundry
5.      Steam Motor


D.    Setelah mempertimbangkan berbagai aspek usaha seperti aspek organisasi, pemasaran, produksi dan keuangan. Maka hanya satu gagasan usaha yang penulis pilih, yaitu :
1.      Alasan saya memilih usaha Alat Tulis dan Fotocopy ini adalah karena usaha ini sangat berpeluang besar untuk di sekitar sekolah – sekolah dan kampus . karena kebutuhan mahasiswa untuk tugas – tugas kuliah mereka.















BAB III
ORGANISASI USAHA
3.1  Alasan Memilih Usaha Fotocopy
Alasan saya memilih usaha Usaha photocopy atau juga ada yang menyebut fotokopi merupakan usaha yang cukup mampu bertahan dalam berbagai krisis, alasannya karena urusan administrasi, sekolah dan pendidikan tidak mengenal krisis. Aktifitas melakukan fotocopy sudah seperti makanan pokok bagi mahasiswa, pelajar, karyawan kantor baik swasta atau pemerintah.




3.2 Organisasi Usaha

-          Nama Usaha                           : Alat tulis dan Fotocopy
-          Nama Pemilik Usaha               : Robby Darmawan
-          Bidang Usaha                         : Penjualan Alat tulis dan jasa Fotocopy
-          Produk Yang Dipasarkan        : Jasa Fotocopy, Alat Tulis. dll.
-          Sasaran Konsumen                  : Semua Kalangan
-          Wilayah Pemasaran                 : Bekasi, Indonesia
-          Rencana Tahun Penjualan       : 2017
-          Badan Hukum                         : Perorangan
-          Alamat Pemilik                       : Jl.Raya Simpang Tiga Cibarusah. Bekasi
-          Telepon                                   : 08988442277





Pimpinan & Karyawan Toko  :
1.              Kepala Toko :Angga
2.              Kasir : Putri
3.              Karyawan : Sevi
4.              Karyawan : Andi
5.              Sales : Sendy

3.3 Struktur Organisasi
Description: D:\Backup\struktur organisasi.png




BAB IV
ASPEK PEMASARAN
4.1  Riset Pemasaran
1.    Jasa Yang Dijual
            Dalam usaha Fotocopy dan alat tulis dan computer  ini yg di jual adalah jasa fotocopy, Produk alat tulis dan komputer. Alat Tulis dan computer merupakan kebutuhan primer bagi semua orang,  apalagi bagi para pelajar. Dengan adanya pelayanan yang baik dapat menciptakan loyalitas terhadap costumer, sehingga dapat terjadi promosi dengan satu costumer terhadap costumer yang lain.
 2.    Keunggulan dibanding pesaing
             -  Memiliki pelayanan yang baik.
            -   Tempat yang nyaman, menarik dan bersih.
            -   Harga produk relative murah dibanding pesaing.
            -   Tempat yang strategis karena berada di pertigaan dan di lingkungan yang ramai dan berada di  dekat sekolah-sekolah.

3.    Target Pembeli
-  SD – SMA
-  Mahasiswa
-  Para Karyawan






4.   Daerah Penjualan
           Daerah Cibarusah Bekasi.
Data Yang Berkaitan Dengan Pemasaran, yaitu :

1.    Permintaan
            Lokasi yang digunakan untuk usaha fotocopy  ini, adalah suatu lokasi yang strategis karna berada di lingkungan yang ramai dan dekat dengan sekolah-sekolah Untuk target usia bagi pengguna jasa fotocopy dan pembelian produk alat tulis ini bisa digunakan oleh semua umur tetapi terutama bagi pelajar. Pendapatan dalam sehari usaha  ini dapat menghasilkan kurang lebih Rp 600000 perhari, sehingga perbulan dapat menghasilkan 18juta dan pertahun kurang lebih sekitar 216juta.
               2.    Penawaran
           Penawaran melalui mouth by mouth, dan pemasangan papan nama di toko saya.
3.    Tingkat pertumbuhan
pertumbuhan berdasarkan permintaan 75 %, dan  pertumbuhan  berdasarkan ekonomi 85 %,
4.    Persaingan
            Pesaing dari Usaha kami tidak berada jauh dari toko kami, pesaing saya menjual produk dan jasa fotocopy lebih mahal biaya nya dibanding dengan usaha saya. Sehingga para pembeli berpindah kepada usaha yang saya jalankan. Maka dari itu kami  menawarkan produk yang dapat dijangkau oleh seluruh kalangan dengan harga yang dapat dijangkau semua kalangan yang masih sekolah/kuliah ataupun yang sudah bekerja.









BAB V
ASPEK PRODUKSI
5.1  Berikut Rencana Produksi Alat tulis dan Fotocopy :
A.. Tanah
Tanah yang akan digunakan adalah tanah saya sendiri , toko akan dibangun di depan rumah saya.

B. Bangunan
Bangunan akan dibangun dengan design yang menarik .

C. Mesin dan peralatan
             Mesin dan peralatan yang digunakan ada :
- komputer(untuk kasir)
- rak barang
- telepon
- Beberapa Etalase

D. Kendaraan
            Saat ini kendaran yang akan digunakan adalah motor. Untuk pengiriman barang.

E. Biaya Sewa
            Tidak perlu biaya sewa karena milik pribadi

F. Upah tenaga produksi
            Untuk Upah tenaga produksi atau pegawai dibayar 1 bulan sekali dengan 3 orang              pegawai dimana masing2 pegawai digaji 1,8 juta.

G. Peralatan Usaha
            Peralatan untuk usaha berupa :
   - Buku
   - Pulpen
   - Stempel
   - Clip
   - Tipe x
   - Kalkulator

H. Tata letak bangunan
            Tata letak bangunan berbentuk segi empat menghadap jalan raya.Dan berada di tempat     yang strategis yaitu di pertigaan jalan.






BAB VI
ASPEK KEUANGAN

6.1 Aspek Keuangan
A    Sumber dana pemasukan: melalui pinjaman modal keluarga sebesar Rp. 50.000.000,-

B.     Biaya Tetap;
1.      1 set perangkat Komputer Rp. 4.500.000
2.       Meja, kursi, lemari dan Rp. 1.500.000
3.     3 buah meja etalase Rp. 2.500.000

4.   2  buah mesin fotocopy second Rp. 12.000.000

C.     Biaya Variabel
1.      Biaya listrik Rp. 550.000/Bulan
2.      Gaji karyawan : Rp. 2.000.000,-x1= Rp. 2.000.000
D.      Biaya tak terduga Rp. 2.000.000,-
E.     Rencana Keuangan
Modal : Rp. 50.000.000-
1.      Uang Terpakai : Rp. 20.500.000-
2.      Biaya Perbulan (bulan pertama) : Rp. 2.250.000
3.      Biaya tak terduga : Rp. 2.000.000
TOTAL: Rp.24.750.000
SISA MODAL : Rp. 26.250.000

F.      Analisis Kelayakan Usaha
1.      Payback Period :
·         Pengeluaran : Rp. 24.750.000
·         Keuntungan Perhari  : Rp 600.000

·         Perbulan : Rp. 600.000 x 30 hari = 18.000.000
2.      BCR
·         Keuntungan/bulan : Rp.18.000.000

3.      NPV
·         Laba bersih : Rp. 18.000.000
·         Penyusutan : Rp. 1.000.000
·         Sisa modal : Rp.26.250.000
·         Nilai sekarang (laba bersih + sisa modal) : Rp. 44.250.000
4.      IRR
·         Modal awal Rp. 50.000.000
·         Keuntungan dari penjualan : Rp. 18.000.000
·         Kerugian yang diperkirakan : Rp. 1.000.000
·         Total laba bersih : Rp. 17.000.000
·         Sisa modal : Rp.26.250.000
·         Nilai sekarang (laba bersih + sisa modal) : Rp. 43.250.000



BAB VII
PENUTUP


Kesimpulan

Dari hasil analisis beberapa faktor diatas, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa yang akan datang. Jika diperhatikan, permintaan akan foto copy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dan meminimalisasi biaya.



Saran

Dalam menjalankan usaha fotocopy, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana :

ü        menjaga kualitas hasil fotocopy yang baik.
ü        menjaga stabilitas stock kertas dan tinta yang memadai
ü        mencari segmen yang tepat.juga menentukan harga dalam harga pasar.



1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus